Senin, 10 September 2012

5 Langkah Sukses Ujian Nasional

5 Langkah Sukses Ujian Nasional (UN)

            Ujian nasional memang selalu menjadi adik-adik siswa baik SD,SMP maupun SMA,memang masih lama pelaksanaanya Maret-Mei 2013, namun saat ini orang tua siswa sudah mencemaskan anaknya karena anaknya tidak hanya dituntut lulus dari sekolahnya,namun mendapatkan NEM yang tinggi agar bisa masuk ke Sekolah Negeri dan Favorit dambaan siswa dan orang tuanya. Baik itu SD,SMP maupun SMA. Berikut ini akan saya berikan 5 langkah sukses Ujian Nasional (UN) SD,SMP dan SMA
1.      Berdoa
Berdoa itu perlu, berdoa itu penting,berdoa itu wajib, karena dengan berdoa kita berupaya minta sama Tuhan apa yang kita inginkan. Mintalah sejelas-jelasnya apapun yang kita inginkan kepada Tuhan apapun yang kita butuhkan, perlukan,inginkan karena Tuhan itu senang melihat dan mendengarkan apapun curahan hati (curhat) dari hamba-Nya, mintalah dengan suasana khusyuk, merintih menangis kepada Tuhan. Mintalah sejelas-jelasnya apa keinginan kita, misalnya Kita ingin Nem kita 40,30 masuk sekolah negeri dan favorit, sangat mudah bagi Tuhan untuk mengabulkan doa-doa kita. Jika kita berdoa sebaiknya kita juga tentukan apa target kita, harus jelas dan tertulis apapun itu target kita. Karena jika target-target kita tidak pernah tertulis hanya disimpan dalam otak dan hati saja, maka kita akan terkena penyakit LUPA. Dalam hal ini canggihan mana antara otak manusia dengan flash disk?sebagian besar orang akan mengatakan otak manusia, tapi dalam hal ini canggihan flash disk sebenarnya, karena flash disk bisa menyimpan data – data selama apapun usia data tersebut akan tersimpan baik TANPA PERNAH LUPA, berbeda dengan otak manusia yang punya kelemahan sifat LUPA. Jadi, ayo anda buat,tulis target-target anda di dalam karton atau diketik via komputer. Tempel di tempat-tempat strategis, di kamar mandi, di kamar tidur, di langit-langit rumah supaya kita lihat terus dan rasakan bahwa kita semakin dekat menuju target itu, kia terpacu mengejar NEM 40 untuk dan NEM 30 untuk SD,karena impian anda pastinya ingin membahagiakan ayah dan ibu kita melalui prestasi kita bukan?

2.      Belajar
Berdoa sudah , berarti waktunya kita ikhtiar , saatnya kita belajar, belajar dan belajar. Belajar itu tidak perlu sistem kebut semalam (SKS). Belajar itu cukup 30 menit per hari setiap hari sebenarnya. Belajar yang efektif adalah pelajari apa yang baru dipelajari di sekolah hari ini dan pelajari juga apa yang akan dipelajari keesokan harinya dengan begitu kita akan lebih mudah menyerap mata pelajaran. Belajar yang baik adalah belajar yang FOKUS,SERIUS dan TULUS 100%,selamat mencoba.

3.      Dukungan Keluarga
Sangat penting dalam proses menuju sukses ujian nasional dengan adana dukungan keluarga, penciptaan aura positif dalam kehidupan sehari-hari sangat baik bagi semangat belajar anak. Salah satu penciptaan aura positif adalah dengan selalu mengucapkan kalimat positif setiap anggota keluarga baik itu Ayah,Ibu,Adik dan Kakak di dalam lingkungan satu atap tersebut.Peran serta orang tua sangat penting dalam menciptakan lingkungan positif terutama dalam pemberian reward dan punishment.

4.      Dukungan sahabat
Bersahabatlah dengan siapapun, bersahabatlah dengan orang kaya, warga miskin, orang pintar,cerdas, bodoh,malas, taat, religious, rajin bekerja, dan masih banyak yang lainnya. Kita sebaiknya banyak-banyak bersahabat dari kalangan manapun juga., tapi dekatkan diri kita dengan sahabat baik supaya energi positif yang membuat kita tumbuh dan berkembang dalam suasana belajar yang kompetitif dekat dengan kita.

5.      Dukungan tetanggga dan saudara dekat
Kita hidup hampir pasti memiliki saudara dan tetangga dekat yang setiap saat saling membutuhkan dan saling tolong menolong. Bisa jadi keberhasilan kita bukan lahir bukan dari doa kita, bukan dari doa Ayah,Ibu,Kakak dan Adik kita, bisa jadi dari doa saudara dan tetangga dekat kita. Oleh karena itu ayo kita perbaiki hubungan kita dengan tetangga dan saudara dekat kita.Jangan-jangan selama ini kita masih suka iseng,jahil , rese,gangguin saudara dan tetangga dekat dan hal itulah yang membuat mereka doa yang kurang baik terhadap kita.

Sekarang kita uda tahu 5 langkah sukses Ujian Nasional (UN) ,yuk…………Adik-adikku ayo kita semangat belajar  untuk membahagiakan Ayah dan Ibu kita tercinta dengan prestasi terbaik kita,kalau bukan sekarang kapan lagi, mumpung ayah dan ibu masih ada sahabatku.
Saktisyahputra Wismurti,S.Ikom,CMSP,CPCS
(Entrepreneur,Manager,Motivator,Teacher,Trainer, Writer)
“Membangun Pendidikan Berkarakter”
Terima Konsultasi Pendidikan di 08989903170 Pin BB : 30BFEF94

0 komentar:

Posting Komentar