Selasa, 27 November 2012

5 Kunci Sejahtera 100% Total


5 Kunci Sejahtera 100% Total

            Apa kabar sahabat-sahabatku?semoga selalu sehat dan sejahtera menyertai kita semua ya. Pada saat ini saya mau berbagi ilmu yang saya dapatkan di Indonesia NLP Summit yang lalu mengenai 5 Kunci Sejahtera 100% Total. Menurut anda apa itu sejahtera? Biasanya banyak yang mengatakan sejahtera adalah ketika kita berlimpah harta, ada juga yang mengatakan sejahtera itu bias dinilai dengan bertambahnya berat badan kita. Bagi saya sesungguhnya ada 5 Kunci menuju Sejahtera 100% total,mau tahu kan? Berikut ini akan saya sampaikan semoga bermanfaat
1.      Fisik
Sejahtera fisik ini tidak identik dengan bertambahnya berat badan. Sejahtera secara fisik artinya kita biasa dan bisa menggunakan panca indera kita secara sempurna, sehat dan bermanfaat. Banyak yang berkata kalau sejahtera secara fisik ini mahal harganya. Kita akan tahu mahalnya saat kita terkenal sakit biasanya. Contoh : Seorang pasien yang setiap 2 x seminggu harus cuci darah untuk mengobati penyakitnya. Biaya cuci darah setahun bisa mencapai @Rp. 700.000 x 8 x 12 = Rp. 67.200.000. Angka yang cukup fantastis bukan? Oleh karena itu kita harus manfaatkan sejahtera secara fisik sebaik-baiknya sebelum masa sakitmu datang.

2.      Finansial
Nah, ini dia yang sebagian orang menilai sejahtera bila dipandang dari sisi finansial. Semakin banyak finansial hingga membentuk Deposito, Reksa Dana, lalu kemudian Tabungan dalam bentuk Rupiah, Dollar dan Poundsterling maka kita bisa dikatakan sukses sejahtera secara finansial apakah benar seperti itu? Yupz, Finansial memang bisa membangun sejahtera, namun hal itu bukanlah yang dominan melainkan hanya 20% penentu sejahtera yang hakiki.  Buat apa kita finansial yang berlimpah namun harus terbaring di Intensive Care Unit(ICU) sebuah Rumah Sakit hingga beberapa bulan. Kita juga harus menaruh perhatian perihal bagaimana cara mengejar sejahtera secara financial haruslah dengan cara yang baik, halal dan benar agar harta kita semakin berkah dan bermanfaat

3.      Emosional
Sejahtera secara emosional perlu dalam kehidupan kita. Sejahtera emosional dapat diukur dari bagaimana ekspresi emosi dapat ditumpahkan pada saat yang tepat. Contoh : Saat kita menonton film drama romantis, kita bisa menangis terharu. Kita juga bisa tertawa lepas saat menonton film humor komedi. Itulahh kesuksesan sejahtera sacara emosional utamanya. Tidak ada senyum yang dipaksakan, semua natural apa adanya.



4.      Sosial
Sejahtera secara sosial juga urgen dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kita. Apalagi kita termasuk dalam masyarakat dunia yang juga aktif menyerukan perdamaian di dunia ini yang masih saja terjadi peperangan dan konflik berkepanjangan. Dengan sejahtera secara sosial kita akan semakin memperkuat jaringan silaturahim (networking) kita yang nantinya akan berpengaruh pada penambahan bahkan percepatan rezeki kita. Lho koq bisa? Ya bisa banget kenapa bisa? Karena pasti berbeda banget rezekinya Mr. A misalnya yang hanya punya sahabat 10 dengan Mr. B yang punya sahabat 1.000, itulah alasan utama Tuhan melalui utusan-Nya menganjurkan kita untuk memperkenalkan diri  kepada siapapun sehingga pergaulan kita semakin luas.

5.      Spiritual
Last but not least adalah sejahtera secara spiritual. Ini ditandai dengan semakin hari semakin dekat dengan Tuhan dikarenakan semakin rajin ibadah kepada-Nya serta mengikuti contoh-contoh (role model) yang dicontoh utusan-Nya. Ketika kita sedang masalah kita selalu curahan hati (curhat) kepada-Nya. Setiap saat selalu semakin tepat waktu beribadah sekaligus pembuktian cinta kita kepada TUHAN, Sang pemilik semesta alam ini, inilah kunci sejahtera yang paling bisa menenangkan dan menyamankan hati saat kondisi hati dan jiwa kita sedang jatuh separah dan seburuk apapun.

Demikianlah 5 Kunci Sejahtera 100% Total yang selalu kita kejar sampai akhir hayat kita. Semoga Tuhan selalu memudahkan kita untuk mengenggam dan mengamanahkan 5 kunci tersebut kepada kita semua,aamiin^_^

Saktisyahputra Wismurti,S.Ikom,CMT STMI, CNLP, CH, CHt, CPCS, CMSP, CSTSMTC,CSTS
(Penulis adalah Kepala Sekolah Trainer dan Motivator Indonesia yang telah memotivasi dan menginspirasi lebih dari 6.000 siswa dan 300 guru se-Indonesia)

0 komentar:

Posting Komentar